Febriyana dwirani's Blog

Cara Membasmi Kutu Anjing

Posted on: December 21, 2009

Sebelum kita “berperang” membasmi kutu, harus diketahui lebih jauh bahwa kutu anjing itu suka pada tempat yang lembab, kotor, berair, rumput dan kayu lapuk.

Kutu menyerang anjing tidak akan pandang bulu, apakah anjing biasa, atau anjing ras, anjing bulu pendek atau bulu panjang.

Saya selama 3 tahun ini serius sebagai pebisnis anakkan anjing trah chow chow,baik berasal dari breeding sendiri ataupun beli dari peternak lain di seluruh Indonesia. Tidak jarang dari kelas anakkan itu, kutu sudah berdansa ria dan dengan seenaknya hidup dengan cara menyedot darah pada tubuh anjing.kecil.

Yang saya lakukan adalah dengan membersihkan dulu kandang atau tempat tidur dari anjing yang akan menempati kandang itu.

Karena tempat yang sudah kotor dan tidak dijaga kebersihannya, biarpun anjing bebas kutu, pasti akan terjangkit kutu dengan cepat.

Bagaimana cara pembersihan kandang?

Saya biasa menggunakan Rinso bubuk, kemudian kandang disikat sampai bersih dan harus bersih sekali, kemudian dibilas sampai bersih dan harus kering sekali. Kalau berlumut biasanya disikat dan bersihkan dengan menggunakan porstex baru kemudian di sikat lagi menggunakan Rinso bubuk. Dan yang terpenting harus dikeringkan dan kalau mungkin diadakan penjemuran sampai kering.

Bagaimana dengan tubuh anjing yang telah dikuasai oleh kutu? Adalah MANDI RUTIN

Anjing dalam keadaan sehat akan saya mandikan dengan air hangat, karena dengan air hangat, akan melepas daki daki pada dasar kulit yang kotor, bila perlu menggunakan sikat yang bulunya sangat halus agar bulu tidak rontok dan kulit tidak luka. Sambil dimandikan akan terlihat jelas kutu yang bersembunyi dibalik bulu anjing dan langsung diambil saja tetapi jangan dibunuh dengan dipencet atau sampai berdarah, karena darah pada kutu, banyak sekali menyimpan telor kutu dan apabila terbawa air, akan hidup kembali dan bersembunyi dilubang selokan, dan akan berjalan kembali ke dalam kandang dan hinggap ditubuh anjing, pada saat anjing itu tidur.

Apabila kutu sudah terlalu banyak di anjing, dapat dilakukan juga dengan cara pengobatan dari dalam yaitu: injeksi/suntik yang dilakukan oleh dokter hewan, atau dapat dilakukan sendiri dengan menggunakan IVOMEX sebanyak 0,5ml-2ml tergantung besar anjing dan tingkat keparahan terhadap penyerangan kutu.

Ivomex, disamping dapat menbantu kutu anjing yang diluar, juga kutu yang hidup dalam darah anjing. Disamping itu juga dapat mengobati penyakit kulit yang diakibatkan oleh kutu anjing.

Yang terpenting, untuk penanganan ini, anjing dalam keadaan sehat harus rajin dimandikan dengan air hangat , karena kulit anjing kalau bersih, biasanya kutu ogah untuk hidup di anjing itu.

Saya sebagai pebisnis anak anjing khususnya chow chow, jarang sekali dan hampir tidak pernah berurusan dengan kutu, karena sebelumnya ditempat saya dapat dikatakan bebas kutu dan setiap anjing yang akan masuk ke tempat saya, pasti akan saya seleksi dengan ketat, baik kutu, kesehatan dan harus dimandikan terlebih dahulu.

Untuk perawatan berkala dengan menggunakan menggunakan obat kutu, hampir tidak pernah karena chow chow saya selalu mandi rutin 1 minggu 2 kali, kecuali kalau masalah yang lain, baru saya menggunakan obat kutu tetes.

Yang saya lakukan lagi, apabila mencabut 1 kutu pada tubuh anjing, biasanya saya beri 1 tetes minyak kayu putih pada bekas gigitan kutu, sehingga tidak terjadi iritasi ringan.

Demikian cara saya membasmi kutu yang sangat efektif untuk diterapkan pada anjing kesayangan. Tetapi ini semua adalah murni versi saya, dan setiap orang tentu mempunyai cara sendiri untuk membasmi kutu pada hewan peliharaannya.

Sumber : http://www.anjingbagus.com

Leave a Reply

    • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

    Categories

    Archives

    Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.

